Minggu, 01 Agustus 2010

Pengantar Pengetahuan Bahan Pangan

Bahan pangan secara umum didefinisikan sebagai bahan yang dapat dimakan, yang berasal dari sumber hayati dan air, baik yang diolah maupun yang tidak diolah, yang diperuntukkan sebagai makanan ataupun minuman bagi konsumsi manusia, termasuk juga bahan makanan pangan, bahan baku pangan, dan bahan lain yang dipergunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan atau pembuatan makanan atau minuman. (www.asiatour.com)

Mengacu pada arti diatas, bahan pangan dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis. Yaitu bahan pangan hewani dan bahan pangan nabati.
Yang termasuk ke dalam bahan pangan hewani adalah susu, daging, ikan, dan telur.
Yang termasuk ke dalam bahan pangan nabati adalah serealia, kacang-kacangan, umbi-umbian, rempah-rempah, buah & sayur, bahan penyegar, dan bahan-bahan hasil perkebunan lainnya.

Ada beberapa perbedaan mendasar antara bahan pangan hewani dan bahan pangan nabati, yaitu sebagai berikut :

A. Bahan Pangan Hewani
1. Susu : Hasil pemerahan hewan ternak mamalia
2. Daging : Hasil pemotongan hewan ternak mamalia & unggas
3. Telur : Hasil utama ternak unggas
4. Ikan : Hasil perairan (dalam arti yang luas)

B. Bahan Pangan Nabati
Berbeda dengan bahan pangan hewani, bahan pangan nabati digolongkan lagi menjadi tiga golongan berdasarkan :
1. Sifat Fisik
Bertekstur lunak (sayur, buah, dll) ; Bertekstur keras (umbi-umbian, biji-bijian, buah, dll) ; Bertekstur ulet (bahan berserat) ; Bertekstur rapuh (bahan yang telah dikeringkan seperti gaplek) ; Bertekstur kenyal, lentur, elastik (beberapa jenis buah)
2. Sifat Kimia
Berprotein tinggi (biji-bijian, kacang-kacangan, dll) ; Berkarbohidrat tinggi (umbi-umbian) ; Berlemak (buah alpukat) ; Sumber mineral (sayur dan buah) ; Sumber vitamin (sayur dan buah) ; Banyak mengandung air (semangka, tomat, dan sayur) ; Beracun (gadung, kara benguk, jengkol, dll)
3. Sifat Biologik/Fisiologik
Klimakterik (aktivitas respirasi meningkat menjelang matang >> apel, pisang, mangga, dll) ; Nonklimakterik (aktivitas respirasi cenderung menurun menjelang tua/masak >> jeruk, semangka, dll)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar